Customer Acquisition Dalam dunia marketing, akuisisi pelanggan adalah upaya untuk menarik pelanggan baru agar mereka menjadi pembeli produk atau layanan.

Memahami perilaku kekinian costumer menjadi sebuah kewajiban bila ingin mendapatkan pelanggan atau klien baru untuk bisnis Anda.

Masalahnya perilaku costumer berubah setiap saat. Dilansir dari hubspot.com, ada empat perubahan perilaku kekikinan costumer yang harus difahami marketing sebelum melakukan proses akuisisi atau mendapatkan klien baru.

1. Customer Ingin Nilai Lebih dengan Harga Lebih Murah

Kebutuhan dan keinginan costumer selalu berubah dan mereka menginginkan sesuatu yang lebih dari produk Anda tapi dengan harga yang lebih murah.

Nilai dari sebuah produk bisa berupa manfaat atau layanan yang lebih. Perilaku Customer saat ini cenderung akan melakukan pembelian ketika mereka yakin bahwa produk yang ditawarkan memberikan nilai signifikan melebihi harga yang mereka bayarkan.

Persepsi nilai positif dari sebuah produk akan sangat berpengaruh terhadap keputusan costumer. Faktor-faktor seperti kualitas produk, fitur, keunikan, reputasi merek, dan layanan pelanggan akan jadi penentu costumer untuk melakukan pembelian.

2. Permintaan Pelayanan Prima Meningkat.

Servis yang prima dengan pelayanan yang memuaskan kini menjadi sesuatu yang sangat diperhatikan oleh costumer.

Costumer akan menilai komitmen sebuah perusahaan dari layanan mereka. Penilaian akan positif bila produk kita memenuhi atau melampaui harapan layanan pelanggan.

Artinya hal-hal seperti peningkatan reputasi merek, membangun kepercayaan, dan promosi produk dari mulut ke mulut, punya pengaruh besar menarik pelanggan baru.

Salah satu tuntutan yang menonjol dari costumer saat ini adalah, costumer menuntut transparansi dan transaksi yang lebih cepat.

Bila sebuah usaha mampu melakukan transparansi dan ketepatan waktu, maka costumer akan merasa sangat dihormati sehingga ini akan memicu pengalaman pelanggan yang positif lalu mereka akan menceritakan atau merekomendasikan kepada yang lain.

Transparansi terhadap kualitas produk dan layanan merupakan standar baru yang diinginkan pelanggan, costumer akan cepat pindah ke kompetitor ketika standar ini tak mampu dipenuhi.

3. Ingin Dilayani Marketing Secara Personal.

Ada kecenderungan costumer saat ini ingin dilayani oleh marketing secara personal. Mereka akan merasa nyaman dengan layanan yang bersifat private daripada dilayani oleh sebuah tim marketing yang ganti-ganti personil.

Untuk itu, pendekatan yang intens dan terkoordinasi harus dilakukan oleh marketing ke tim yang lain untuk memastikan perjalanan pelanggan lancar hingga akhir.

Artinya antara tim marketing dengan tim pelayanan lain harus bekerjasama dengan baik. Ketidakselarasan antara tim-tim akan mengakibatkan kesan terputus-putus. Terputusnya interaksi pelanggan, dan inefisiensi akan menghambat upaya akuisisi costumer.

4. Costumer Mengharapkan Teknologi Inovatif.

Perspektif umum costumer saat ini adalah perkembangan teknologi yang semakin canggih dengan berbagai kemudahan.

Perspektif ini muncul sebagai dampak dari munculnya kompetitor produk teknologi terkini seperti agregator dan AI yang mendisrupsi produk teknologi lama.

Keberadaan aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online sangat direkomendasikan diaplikasian ke perusahaan Anda untuk mendukung tuntutan costumer yang berubah.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pengguna ini akan membantu Anda melihat kualitas produk, evaluasi harga, transparansi produk hingga ke masalah manajemen internal keuangan perusahaan Anda.

Setiap barang dan uang yang keluar nantinya akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan laporannya secara real-time.

Dengan Accurate Online, seluruh operasional bisnis Anda akan berjalan lebih lancar, tim marketing lebih terarah ke akuisisi pelanggan baru dan Anda bisa fokus dalam mengembangkan bisnis .

Buktikan sendiri kelebihan fitur-fitur Accurate Online dengan mencoba Accurate Online melalui tautan berikut ini https://penjualanonline.id/.