Berikut langkah-langkah untuk melakukan impor penjualan dari e-Commerce :

 

  1. Pastikan sudah melakukan ekspor data transaksi penjualan dari e-Commerce dan menyimpan file hasil ekspor data transaksi penjualan tersebut (file dalam bentuk .xls atau .xlsx).
  2. Pastikan Anda tidak mengubah file hasil ekspor data transaksi penjualan dari e-Commerce agar proses impor bisa dilakukan.
  3. Masuk ke menu Penjualan | Faktur Penjualan lalu ke Daftar Faktur Penjualan.

 

Akses ke menu Faktur Penjualan

 

Akses ke Daftar Faktur Penjualan

 

  1. Pada Daftar Faktur Penjualan klik menu ‘Impor Data’ kemudian pilih salah satu jenis e-Commerce yang akan Anda impor transaksinya.

klik Impor Data dan pilih e-commerce yang sesuai

 

  1. Maka akan tampil menu Impor Faktur Penjualan sesuai dengan jenis e-Commerce yang dipilih kemudian klik pada gambar folder (map) untuk mengambil file ekspor data transaksi dari jenis e-Commerce tersebut di komputer Anda.

Ambil file data penjualan ecommerce

 

  1. Setelah dipastikan file yang diambil adalah sesuai, klik ‘Unggah’.

Unggah transaksi data penjualan

 

  1. Sebelum memulai proses impor akan tampil informasi Referensi Impor untuk memastikan nama toko yang dipilih sesuai serta melakukan pemetaan nama barang yang terdapat pada transaksi penjualan yang akan diimpor. Untuk nama barang/jasa bisa Anda pilih dengan nama barang yang sudah ada di database Accurate Online atau dikosongkan agar dibuatkan barang/jasa baru oleh Accurate Online. Jika sudah sesuai, klik ‘Mulai Impor’ untuk memulai proses impor transaksi penjualan tersebut.

Pemetaan nama barang sebelum proses impor transaksi

 

  1. Tunggu hingga proses impor selesai dilakukan yang ditandai dengan tampilnya pesan ‘<Jumlah> Data berhasil Diproses’.

Proses Impor Data Transaksi dari e-Commerce

Baca Juga :  Mengapa Di Depreciation List Report, Ada FA Yang Tidak Muncul

 

Data penjualan selesai terimpor

 

  1. Untuk transaksi yang berhasil ter-impor akan masuk sebagai Faktu Penjualan dengan tanggal transaksi sesuai dengan tanggal transaksi yang dilakukan pada e-commerce dan status faktur penjualan akan otomatis sudah lunas (kecuali untuk shopee ada pilihan tidak langsung lunas). Jika ada dikenakan biaya layanan maka nilai penerimaan akan dikurangi dengan biaya layanan dan masuk dibagian diskon pada transaksi Penerimaan Penjualan (nilai potongan dan akun yang terpilih sesuai pengaturan di Smartlink e-Commerce-nya).

Data Penjualan yang terimpor ke Accurate Online

 

Tampilan Faktur Penjualan hasil impor dari e-Commerce bukalapak

 

Penerimaan Penjualan hasil impor transaksi ecommerce dikenakan biaya layanan

 

  1. Jika ada data transaksi yang gagal terimpor akan diinformasikan oleh Accurate Online berapa jumlah data yang gagal dan Anda bisa mengunduh data gagal untuk mengetahui penyebab gagal tersebut.

Data gagal terimpor

 

Catatan : proses impor data transaksi penjualan ke Accurate Online membutuhkan waktu, hal ini tergantung dengan jumlah data transaksi yang diimpor serta tanggal transaksi yang dilakukan impor. Jika jumlah data transaksi banyak, kemungkinan proses impor akan memerlukan waktu yang lebih lama. Disarankan dilakukan diluar jam operasional perusahaan agar proses impor bisa lebih cepat dilakukan.

 

ACCURATE Official Partner (AOP)

Nikmati layanan aman dan nyaman dari partner resmi Accurate. Kami menyediakan layanan penjualan, dukungan teknis, dan pelatihan lengkap untuk semua produk Accurate.

Berlangganan Accurate Online melalui www.penjualanonline.id dengan tim expert berpengalaman yang siap memberikan pelayanan cepat dan ramah. Terhubung dengan tim training resmi Accurate, FAC INSTITUTE, untuk memastikan penggunaan yang optimal.

Hubungi kami di (021)-3883 0037 & 0851 7975 9914 atau kunjungi kantor kami Gedung Office Citadel, Jakarta Timur. Semua administrasi dilakukan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera.

Baca Juga :  Nilai Variance Tidak di-Alokasikan Ke produk

Accurate Online