Pengertian Neraca Lajur

Neraca lajur adalah sebuah laporan yang berisi semua data tentang akuntansi yang menjadi suatu landasan yang digunakan untuk memeriksa dengan sebuah rekening buku besar yang telah disesuaikan guna memudahkan ketika hendak membuat laporan keuangan.

Perusahaan dengan operasional besar tentu butuh neraca lajur dikarenakan memudahkan dalam merangkum dan mengikhtisarkn laporan keuangan, perusahaan dengan operasional skala kecil belum terlalu membutuhkan neraca lajur dikarenakan tidak memiliki akun buku besar yang banyak, laporan dapat disesuaikan dengan neraca saldo yang ada.

Sebuah perusahaan tentu membutuhkan laporan keuangan sebagai landasan penting untuk mengetahui siklus keuangan dari perusahaan tersebut. Dengan catatan keuangan yang rapi akan mempermudah melakukan analisis dan evaluasi. Salah satu laporan keuangan yang terbilang penting yaitu neraca lajur.

Bentuk neraca itu sendiri terdiri dari 5 kolom yang digunakan untuk nomor akun nama akun dan juga untuk penempatan debit kredit.Adanya kolom-kolom tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan penyesuaian sehingga antara neraca saldo dan penyesuaian bisa masuk dalam laporan neraca tersebut.

Dalam praktik penyelenggaraan akuntansi secara manual, neraca lajur memuat 5 (lima) bagian pokok yaitu :

1. Neraca Saldo Sebelum Penyesuaian – Unadjusted Trial balance
2. Jurnal Penyesuaian – Adjustment Entry Journal
3. Neraca Saldo Setelah Penyesuaian – Adjusted Trial Balance
4. Laba Rugi – Income Statement
5. Neraca – Balance Sheet

Neraca lajur merupakan alat yang digunakan untuk memahami arus data akuntansi dari daftar sebuah saldo sebelum penyesuaian sampai ke laporan keuangan.

Jenis Neraca Lajur :

1. Neraca lajur sederhana (Single Column Ledger)
Dalam neraca lajur sederhana, transaksi dicatat dalam satu kolom. Setiap transaksi dicatat sebagai entri tunggal, dengan jumlah debet dan kredit yang sesuai.

2. Neraca Lajur Berganda (Double Column Ledger)

Dalam neraca lajur berganda, transaksi dicatat dalam dua kolom terpisah: satu untuk debet dan satu untuk kredit.

Setiap entri transaksi memiliki dua kolom yang terpisah untuk mencatat jumlah yang didebet dan dikredit.

3. Neraca Lajur Tiga Kolom (Three Column Ledger)
Neraca lajur tiga kolom mencakup kolom tambahan untuk saldo. Dalam bentuk ini, setiap transaksi dicatat dalam tiga kolom: debet, kredit, dan saldo.

Saldo ini mencatat sisa atau saldo akhir setelah transaksi diterapkan.

4. Neraca Lajur Khusus (Special Purpose Ledger)
Neraca lajur khusus adalah bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus perusahaan.

Mungkin memuat kolom tambahan untuk jenis transaksi tertentu atau memisahkan akun-akun tertentu untuk analisis yang lebih mendalam.

5. Neraca Lajur Elektronik
Dalam era digital, banyak perusahaan menggunakan software akuntansi yang memungkinkan pembuatan neraca lajur secara elektronik.

Software ini memberikan fleksibilitas dalam mengelola dan menyajikan data keuangan perusahaan.

Cara Membuat Neraca Lajur.

1. Membuat Format Neraca
Format dari neraca lajur tersebut terdiri dari beberapa kolom yang berisi, nomor akun, nama akun, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, neraca, dan laba rugi. Masing-masing dari kolom tersebut dibagi dua dengan penempatan debit kredit pada transaksi atau akun yang ada.

2. Mengisi Nomor Akun dan Nama Akun
Isilah nomor dan juga nama akun pada kolom yang tersedia, setelah itu, tambahkan jumlah neraca saldo yang telah tertulis sebelumnya. Neraca saldo ini ada pada laporan sebelumnya.

3. Mengisi Kolom Jurnal Penyesuaian
Pada kolom yang tau ini isilah dengan nominal yang mana telah dibuat sebuah jurnal penyesuaian sebelumnya. Pindahkan saldo yang ada pada kolom tersebut disesuaikan antara debit dan kreditnya.

Biasanya kolom penyesuaian ini hanya untuk pemakaian perlengkapan, peralatan, dan juga beberapa penyusutan lainnya.

4. Menambahkan Nominal pada Neraca Saldo Setelah Penyesuaian
Ketika telah ditemukan nominal atau saldo antara neraca saldo dan juga jurnal penyesuaian, langkah selanjutnya menjumlahkan atau mengurangi antar keduanya dan tulis pada kolom neraca saldo setelah penyesuaian.

Jika pada kolom terdapat persamaan debit maupun kredit maka cara menghitungnya dengan cara ditambah, begitu pula sebaliknya.

5. Mengisi Kolom Neraca dan Laba Rugi
Untuk mengisi kolom ini dengan memindahkan antara akun-akun neraca yang tersedia dalam neraca saldo setelah penyesuaian, taruhlah akun tersebut sesuai dengan debit maupun kredit yang ada.

Untuk kolom laba rugi merupakan kebalikan dari pengisian neraca yang mana merupakan beberapa akun riil dan bukan sebuah pendapatan maupun beban.Neraca lajur memang memiliki peranan yang cukup penting dalam melakukan sebuah laporan keuangan.

Accurate Online : Solusi Bisnis Anda

Accurate online memudahkan dalam pembuatan neraca sampai hasilkan laporan keuangan akurat, softwarea kuntansi accurate online telah dipercaya lebih dari 500ribu pengguna.

Berlanggann Accurate online dapat melalui www.penjualanonline.id penyedia produk accurate dengan tim expert berpengalaman,respon cepat dan ramah dalam melayani anda.

Ayo mudahkan pembuatan laporan neraca untuk hasilkan laporan keuangan akurat dengan cara KLIK DISINI.

Accurate Online