Dalam menjalankan usaha, tentu kita membutuhkan laporan keuangan, salah satunya adalah Neraca keuangan. Pasti Anda bertanya-tanya apa itu Neraca? Banyak pengusaha yang memang tidak begitu paham dan menganggap penting neraca keuangan.

Neraca keuangan adalah pencatatan atau laporan yang harus dimiliki oleh setiap bisnis. Laporan ini menggambarkan mengenai kekayaan, kewajiban, serta modal yang dimiliki oleh bisnis hingga akhir periode akuntansi. Dengan neraca maka kekayaan bisnis Anda akan terlihat dengan jelas.

Yuk kita ulas bersama

Neraca atau yang dikenal juga dengan Balance Sheet secara sederhana bisa disebut sebagai laporan keseimbangan. Keseimbangan atas apa? Keseimbangan atas kekayaan perusahaan, yakni keseimbangan antara wujud kekayaan (aktiva) dengan sumber kekayaan (passiva).

Keseimbangan tersebut berupa kesamaan nilai. Sehingga ketika nilai total dari wujud kekayaan (aktiva) sama dengan nilai total dari sumber kekayaan (passiva) maka artinya seimbang (balance).

Macam-Macam Aktiva

Wujud Kekayaan (aktiva) itu sendiri secara global terbagi menjadi 2 bagian, yakni :

Aktiva Lancar

Aktiva Lancar merupakan wujud kekayaan perusahaan yang bisa dirubah dalam tempo kurang dari satu periode atau satu tahun.

Untuk aktiva lancar sendiri, secara umum dapat dikelompokkan menjadi :

  • Kas/Bank
  • Piutang/Uang Muka
  • Persediaan
  • Aktiva Lancar Lainnya

Aktiva Tidak Lancar

Untuk aktiva tidak lancar, secara umum dapat dikelompokkan menjadi :

  • Aktiva Tetap
  • Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap
  • Aktiva Lainnya

Sedangkan, Sumber Kekayaan (passiva), secara global terbagi menjadi 2 bagian :

Hutang

Hutang sendiri dapat dikelompokkan menjadi :

  • Hutang/Uang Muka
  • Hutang Lancar Lainnya
  • Hutang Jangka Panjang

Ekuitas atau modal (sumbernya dari atau milik perusahaan)

Di dalam neraca, terdapat pos-pos yang mewakili wujud kekayaan maupun sumber kekayaan. Pos-pos tersebut disebut dengan akun rill. Komponen modal dalam sebuah laporan neraca adalah saldo dari modal akhir suatu bisnis.

Ketika kita hendak membuat neraca, maka kita harus membuat pos atau akun rill. Selanjutnya, kita cukup menggelompokkannya berdasakan komponen di atas dan menghitung nilainya berdasarkan kenyataannya.

Bentuk Neraca

Neraca keuangan pada umumnya memiliki dua bentuk yang harus dipahami oleh pemilik bisnis UKM. Kedua bentuk itu pada umumnya yakni :

Neraca Staffel (Report Form)

Neraca bentuk staffel adalah neraca keuangan yang dibuat dengan berurutan mulai dari aktiva, passiva, dan modal. Berikut contoh neraca staffel:

Neraca bentuk Skontro

Neraca keuangan bentuk skontro sering juga disebut sebagai neraca rekening. Mengapa? Karena disajikan dalam bentuk dua sisi antara aktiva dan passiva yang ada.

Biasanya sisi kanan terdiri dari keterangan mengenai passiva, seperti modal dan kewajiban. Serta sebelah kiri adalah komponen dari aktiva.

Neraca sendiri berfungsi untuk :

  • Mengukur seberapa besar kekayaan perusahaan
  • Mengetahui sebaran wujud kekayaan perusahaan
  • Mengetahui sebaran sumber kekayaan perusahaan
  • Menganalisis kesehatan keuangan perusahaan

Membaca neraca keuangan pun bukan hal mudah. Ada beberapa teknik yang harus Anda ketahui untuk membaca neraca keuangan. Memang ini cukup sulit bagi orang yang tidak orang awam dan orang yang tidak biasa dalam mengelola pembukuan bisnis.

Saldo Akhir Harus Seimbang

Ketika neraca keuangan sudah tersaji, Anda harus memastikan kembali keakuratan angka-angka pada neraca keuangan tersebut. Jangan sampai, terdapat selisih antara dua kolom kiri kanan. Yakni antara aktiva dan passiva.

Apabila tidak seimbang, berarti Anda salah memasukan data. Sehingga mengharuskan Anda untuk melakukan pengecekan kembali.

Bagimana Kondisi Piutang dan Hutang

Ketika membaca neraca keuangan, Anda harus fokus ngeliat piutang dan hutang. Jika Anda salah mencermati antara piutang dan hutang, Anda bisa merugi. Jika Anda tidak cermat dalam menghitung keduanya, ini akan bermasalah dengan cashflow usaha Anda. Jadi pastikan semuanya seimbang.

Jangan Lupa untuk Memperhatikan Saldo Kas

Ini yang sering sekali diabaikan oleh pengusaha UKM. Melupakan uang kas. Padahal uang kas adalah hal penting dalam setiap bisnis. Dalam akuntansi, uang kas merupakan aktiva yang paling cair.

Uang kas juga menjadi komponen utama ketika Anda memulai bisnis. Sehingga Anda harus melakukan hal lebih dalam mengontrol arus kas tersebut. Sebagai pengusaha, Anda tidak boleh mengabaikan begitu saja uang kas. Dan Anda harus selalu mengawasinya.

Persediaan Barang

Jika bisnis Anda bergerak usaha jual beli barang. Anda juga harus memperhatikan stock opname dalam neraca keuangan. Sebab, persediaan barang adalah hal penting yang harus dipantau dalam bisnis.

Perputaran keuangan dan barang harus sesuai. Anda harus selalu mencatat masuk dan keluar barangnya. Ini penting untuk dilakukan setiap pengusaha UKM.

Kesimpulan

Saat ini, masih banyak pengusaha UKM yang tidak melakukan pembuatan neraca keuangan pada bisnisnya. Padahal ini penting, untuk salah satu aktivitas pembukuan dan akuntansi bagi kelangsungan bisnis.

Disatu sisi, membuat neraca keuangan dibutuhkan ketelitian sejak awal memasukan data agar sesuai. Sulit memang, jika semua harus Anda lakukan secara manual. Di era modern ini, Anda harus mencari jalan lain untuk bisa menyesuaikannya dan mudah dilakukan.

Cara termudah untuk membuat neraca keuangan bisnis pada UKM adalah dengan menggunakan platform pembukuan Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan pencatatan dan pembuatan neraca keuangan dengan akurat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

Tunggu apa lagi, sekarang Anda bisa gunakan Accurate Online untuk membuat neraca keuangan bisnis dengan akurat dengan fitur yang cukup lengkap. Pembuatan neraca keuangan dengan Accurate Online akan menghasilkan laporan keuangan bisnis yang bisa digunakan untuk pengambilan keputusan strategis.