Berikut langkah-langkah untuk membuat Perintah Pembayaran di Accurate Online :
- Masuk ke menu Pembelian | Perintah Pembelian.
Akses ke Menu Perintah Pembayaran
- Pada tab Data Baru lengkapi informasi ‘Tgl Batas Transfer’ dan pilih ‘Metode Bayar’ yang sesuai pada Perintah Pembelian tersebut. Tgl Batas Transfer diisikan dengan tanggal batas akhir pembayaran harus dilakukan, sedangkan Metode Bayar, dipilih dengan metode bayar yang dilakukan perusahaan Anda ke pemasok, tersedia 3 jenis Metode Bayar yaitu (a) Transfer Bank, (b) Virtual Account dan (c) Cek/Giro.
Mengatur Batas Transfer dan Metode Pembayaran di Perintah Pembayaran
- Lalu klik ‘Ambil’ dan akan tampil tabel pencarian Faktur Pembelian yang belum lunas. Anda bisa memilih dengan filter Nama Pemasok serta Tanggal Jatuh Tempo Faktur Pembeliannya.
Pemilihan Faktur Pembelian yang akan dibayarkan
- Setelah memilih Faktur Pembelian yang diperintahkan untuk dibayar klik ‘Lanjut’ kemudian klik pada baris Faktur Pembelian untuk mengisikan ‘Nomor Rekening Bank’ tujuan untuk pembayaran faktur pembelian tersebut.
Pengisian Nomor Rekening Pembayaran Faktur
- Lakukan langkah diatas untuk semua Faktur Pembelian yang terdapat pada Transaksi Perintah Pembayaran tersebut, kemudian simpan transaksi Perintah Pembayaran.
Simpan Transaksi Perintah Pembayaran
- Setelah transaksi Perintah Pembayaran disimpan, Accurate Online akan otomatis membuatkan transaksi Pembayaran Pembelian per tanggal dibuatnya Perintah Pembayaran tersebut (untuk transaksi yang bukan backdate), dengan status ‘Belum Ditransfer’ (selama belum dilakukan konfirmasi pembayaran melalui Transfer Pemasok). Catatan : Transaksi Pembayaran Pembelian akan dibuatkan sesuai dengan Jumlah Pemasok yang dipilih atau sesuai dengan Nomor Rekening Tujuan yang dipilih pada Transaksi Perintah Pembayaran tersebut.
Transaksi Pembayaran Pembelian yang dibuat setelah transaksi Perintah Pembayaran tersimpan
Tab Info Lainnya pada Transaksi Pembayaran Pembelian yang terbuat dari transaksi Perintah Pembayaran
Jumlah Transaksi Pembayaran Pembelian dari 1 Perintah Pembayaran
- Jurnal transaksi Pembayaran Pembelian atas transaksi Perintah Pembayaran akan dilawankan ke akun Kas Perintah Pembayarannya.
Jurnal Transaksi Belum Ditransfer
- Jika transaksi Perintah Pembayaran tersebut telah dilakukan transfer oleh bagian keuangan perusahaan Anda, lakukan pencatatan Transfer Pemasok atas pembayaran tersebut sehingga akan mengubah status Pembayaran Pembelian dari ‘Belum Ditransfer’ menjadi ‘Sudah Diproses’.
Status Pembayaran Pembelian setelah dikonfirmasi melalui Transfer Pemasok
- Dan atas pencatatan Transfer Pemasok tersebut, Accurate Online akan membuatkan transaksi Transfer Bank untuk menjurnal balik Akun Kas Perintah Pembayaran ke akun Kas/Bank yang sebenarnya.
Transaksi Transfer Bank yang terbuat atas konfirmasi pembayaran di Transfer Pemasok
Jurnal Transaksi di Transfer Bank
ACCURATE Official Partner (AOP)
Nikmati layanan aman dan nyaman dari partner resmi Accurate. Kami menyediakan layanan penjualan, dukungan teknis, dan pelatihan lengkap untuk semua produk Accurate.
Berlangganan Accurate Online melalui www.penjualanonline.id dengan tim expert berpengalaman yang siap memberikan pelayanan cepat dan ramah. Terhubung dengan tim training resmi Accurate, FAC INSTITUTE, untuk memastikan penggunaan yang optimal.
Hubungi kami di (021)-3883 0037 & 0851 7975 9914 atau kunjungi kantor kami Gedung Office Citadel, Jakarta Timur. Semua administrasi dilakukan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera.