Berikut ini informasi pengaturan Smartlink e-Commerce Tiktok pada Accurate Online :

 

  1. UMUM

Pengaturan Smartlink Tiktok pada Tab Umum

 

Nama Toko : pilih nama e-Commerce dengan Tiktok dan isikan nama toko Anda pada kolom sebelahnya.

Penjualan atas Cabang : isikan nama Cabang yang sesuai. Jika Anda menggunakan fitur Multi Cabang, Anda bisa melakukan impor penjualan dari Tiktok sesuai dengan cabang dimana transaksi tersebut dilakukan.

Penjualan atas Departemen : isikan nama Departemen yang sesuai, jika Anda ingin memisahkan penjualan per e-commerce. Atau kosongkan jika Anda tidak mempunyai kebutuhan akan hal tersebut.

Pembayaran Penjualan : Accurate Online menyediakan 2 pilihan untuk pembuatan transaksi pembayaran penjualan, yaitu 1) Langsung Terbayar, jika memilih pilihan ini maka saat dilakukan impor data penjualan dari Tiktok akan langsung dibuatkan transaksi Pembayaran Penjualannya dan pilihan ke 2) Belum Terbayar (Bayar Dengan Impor Settlement), data penjualan yang diimpor ke Accurate Online tidak otomatis dibuatkan transaksi Pembayaran Penjualannya. Anda perlu melakukan Impor Settlement untuk pembuatan pelunasan atas transaksi penjualan tersebut seperti pada panduan disini. Selain itu, jika Anda memilih pilihan ini, Anda juga perlu mengisikan akun penampung untuk Beban Kelebihan/Kekurangan Ongkir dan Biaya Layanan dan Tambahan Platform dengan akun yang sesuai.

Kas/Bank Saldo e-Commerce : isikan dengan akun Kas/Bank untuk menampung saldo penerimaan dari e-Commerce. Anda bisa mengosongkan pilihan ini dan Accurate Online akan membuatkan akun baru dengan tipe akun Kas/Bank.

Penjualan Kena PPN : jika harga jual barang/jasa Anda pada Tiktok sudah termasuk PPN, maka centang pada pilihan ‘Ya. Nilai penjualan sudah termasuk nilai PPN’. Jangan centang jika sebaliknya.

Impor Penjualan Berstatus : terdapat 2 pilihan transaksi penjualan yang akan diimpor ke database Accurate Online, yaitu ‘Selesai’ dan ‘Semua Status’. Jika memilih ‘Selesai’ maka transaksi penjualan yang status penjualannya selesai pada tiktok yang akan diimpor ke database Accurate Online. Sedangkan jika memilih ‘Semua Status’ maka semua transaksi (dalam proses/pengiriman dan selesai) akan diimpor ke database Accurate Online. Saat memilih ‘Semua Status’, semua transaksi penjualan yang diimpor ke Accurate Online akan dianggap sudah lunas (dibuatkan Penerimaan Penjualannya) walaupun sebenarnya transaksi tersebut belum selesai pada Tiktok. Dan jika terjadi pembatalan atas transaksi tersebut, Accurate Online akan menghapusnya dari database Accurate Online saat dilakukan impor penjualan dengan file terbaru.

Baca Juga :  Setting Fitur Karyawan Accurate Online

 

  1. ONGKIR & FEE

Pengaturan pada tab Ongkir & Fee

 

Ongkos Kirim e-Commerce : Jika Anda ingin memasukan nilai biaya pengiriman atas transaksi ke Faktur Penjualan di Accurate Online, centang informasi ‘Masukkan Biaya Kurir ke Faktur Penjualan’ dan akan tampil kolom pengisian ‘Akun Pendapatan/Tagihan’ untuk memilih akun sebagai penampung biaya ongkos kirim yang dibayarkan oleh pelanggan. Serta tampil kolom pengisian ‘jika nama kurir TIDAK MENGANDUNG kata’, untuk mengisikan nama ekspedisi yang tidak dimasukkan dalam Faktur Penjualan. Sebagai contoh pada gambar diatas, diisikan nama ekspedisi adalah Grab, Go-Jek, dsbnya pada kolom ‘Jika nama kurir TIDAK MENGANDUNG kata’, maka jika ada pengiriman transaksi menggunakan ekspedisi yang terdapat pada kolom tersebut tidak akan masuk dalam biaya tambahan di Faktur Penjualan tersebut.

Biaya/Fee layanan e-Commerce : Terdapat 2 pilihan biaya/fee layaan e-Commerce, yaitu berdasarkan Persentase Biaya/Fee dan Tambahan Biaya/Fee per transaksi. Anda bisa mengisikan kedua pilihan tersebut atau salah satu diantaranya dan nantinya nilai pada Penerimaan Penjualan akan otomatis dikurangi dengan biaya/fee layanan e-commerce tersebut. Catatan : informasi ini tidak akan tampil jika Anda memilih Pembayaran dengan impor dari settlement.

 

  1. LAINNYA

Pengaturan pada tab Lainnya

 

Gudang Penjualan : Anda bisa mengisikan 1 (satu) Nama Gudang yang akan selalu digunakan sebagai pemotong stok pada transaksi penjualan yang diimpor melalui e-commerce. Atau Anda bisa memilih pilihan ‘Otomatis (Sesuai kecukupan stok gudang) sehingga Accurate Online akan memilih Nama Gudang dengan stok tersedia untuk barang yang dijual tersebut.

Penjualan atas Pelanggan : Anda bisa mengisikan 1 (satu) Nama Pelanggan untuk transaksi yang diimport melalui e-commerce. Atau jika Anda menginginkan nama pelanggan sesuai dengan nama pelanggan di e-commercenya pilih pilihan ‘Sesuai pelanggan di e-Commerce’.

Baca Juga :  Pembelian Accurate Online

Setelah melakukan pengaturan Smartlink e-Commerce Tiktok, selanjutnya Anda perlu melakukan eksport data transaksi penjualan dari tokopedia dengan cara seperti disini dan lihat panduan disini untuk melakukan impor data transaksi penjualan dari Tiktok ke database Accurate Online.

 

ACCURATE Official Partner (AOP)

Nikmati layanan aman dan nyaman dari partner resmi Accurate. Kami menyediakan layanan penjualan, dukungan teknis, dan pelatihan lengkap untuk semua produk Accurate.

Berlangganan Accurate Online melalui www.penjualanonline.id dengan tim expert berpengalaman yang siap memberikan pelayanan cepat dan ramah. Terhubung dengan tim training resmi Accurate, FAC INSTITUTE, untuk memastikan penggunaan yang optimal.

Hubungi kami di (021)-3883 0037 & 0851 7975 9914 atau kunjungi kantor kami Gedung Office Citadel, Jakarta Timur. Semua administrasi dilakukan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera.

Accurate Online