Crowdfunding merupakan suatu metode yang digunakan demi meningkatkan modal dengan cara kolektif yang berasal dari keluaraga, teman, investor, atau keluarga. Metode ini akan memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu tersebut dengan basis internet pada jadingan platform atau media sosial Crowdfunding.

Selain itu, Crowdfunding juga adalah salah satu jenis crowdsourcing dan alternatif finansial yang saat ini mulai bangkit karena diklaim efektif dalam membangun para pengusaha pemula sejak tahun 2015 lalu.

Lantas, Mengapa Harus Menggunakan Crowdfunding?

Crowdfunding pada kenyataannya meruapakan suatu era baru dan kebalikan dari metode mainstream lainnya dalam dunia ekonomi bisnis.

Sehingga, jika Anda tertarik untuk meningkatkan modal dalam memulai bisnis atau dalam hal merilis produk baru, maka Anda tidak harus mencemaskan rencana bisnis, riset pasar, serta prototipe dari perusahaan ataupun bisnis Anda untuk bisa dijelaskan pada mereka yang tertarik untuk ikut mendanai bisnis Anda, baik itu lembaga atau individu.

Sumber pendanaan bisa datang dari mana saja, seperti dari investor, bank, atau perusahaan modal sekalipun. Dalam melakukan setiap upaya pendekatannya, Anda harus menampilkan kapasitas serta kemampuan bisnis Anda sebaik mungkin pada saat yang tepat. Anda akan kehilangan sumber dana jika menyia-nyiakan momentum itu begitu saja.

Dilihat secara garis besar, platform crowdfunding memang mampu membantu Anda dalam mendapatkan berbagai peluang yang lebih baik dalam hal menarik investor yang ingin membantu mengembangkan bisnis Anda. Sehingga, Anda tidak memerlukan waktu lama dalam mencari investor yang sesuai dan melobi mereka untuk membantu bisnis Anda.

Manfaat Crowdfunding

Sistem platform crowdfunding akan memudahkan Anda dalam mengakses jaringan investor yang lebih besar secara fleksible. Selain itu, crowdfunding juga memiliki berbagai manfaat lain, yaitu:

  • Jangkauan Lebih Luas

Penggunaan sistem crowdfunding akan lebih memudahkan Anda dalam memperluas jaringan ke banyak investor terpercaya yang tertarik atau ingin melihat, berinteraksi, serta berbagi kampanye terkait penggalangan dana dengan bisnis Anda.

  • Kesempatan untuk Presentasi

Crowdfunding akan meningkatkan kesempatan Anda untuk melakukan presentasi atau penggalanan dana dengan cara menonjolkan bisnis yang akan Anda kembangkan. Seperti sejarah perusahaan, penawaran, target pasar, nilai perusahaan, daya tarik, dll.

Sehingga, calon investor akan menilai secara objektif apakah bisnis Anda sudah benar-benar sudah siap untuk dikempangkan, serta apa saja yang bisa mereka usulkan demi kemajuan bisnis Anda.

  • Pemasaran

Kampanye penggalangan dana bisa Anda bagikan melalui berbagai sosial media, email, atau strategi lainnya. Pada saat Anda memantau suatu pergerakan penggalangan dana, maka Anda juga bisa mengarahkan calon investor untuk berkunjung pada website resmi perusahaan Anda.

  • Validasi Konsep

Menjelaskan konsep bisnis Anda pada orang banyak akan meningkatkan peluang besar Anda dalam memperbaiki penawaran. Pada saat calon investor tertarik untuk mendanai perushaan Anda, maka Anda bisa melakukan pendekatan yang lebih jelas guna meyakinkan mereka untuk turut membantu bisnis Anda.

Jenis-Jenis Crowdfunding

Terdapat 3 jenis crowdfunding yang bisa coba Anda gunakan pada model bisnis Anda, yaitu:

  • Crowdfunding Donasi

Crowdfunding ini akan lebih fokus pada bantuan kemanusiaan seperti halnya bantuan bencana alam, beasiswa pendidikan, amal, serta nirlaba. Sehingga, para investor tidak bisa menuntut pengembalian atau mengharapkan keuntungan atas dana yang sudah diberikan.

  • Crowdfunding Hadiah

Jenis crowdfunding ini akan melibatkan para investor dengan bentuk hadiah. Walaupun demikian, para investor tetap tidak bisa berharap menikmati pengembalian dana atau keuntungan atas bisnis tersebut.

  • Crowdfunding Ekuitas

Berbeda dengan kedua jenis crowdfunding sebelumnya, pada crowdfunding ekuitas para investor memiliki hak sepenuhnya sebagai pemilik perusahaan, serta mereka memiliki hak atas saham ekuitas, serta hak dalam pembagian keuntungan.

Keunggulan dan Kekurangan Crowdfunding

Crowdfunding dalam upaya meningkatkan modal usaha mampu menghasilkan manfaat yang bisa dicapai secara mudah. Namun, berbagai kekurangannya juga tidak bisa dianggap biasa. Berikut ini adalah kekurangan dan keunggulan dari Crowdfunding.

Keunggulan Crowdfunding

  • Profil bisnis ataupun produk yang dibungkus dengan cara menarik akan menjadi nilai lebih untuk perusahaan Anda
  • Adanya keikutsertaan banyak orang dalam sistem Crowdfunding akan mampu menghasilkan ruang tersendiri dimana pemilik bisnis mampu berinteraksi langsung dengan mereka.
  • Adanya timbal balik yang menawarkan suatu akses pra-rilis pada konten ataupun peluang guna mengulas suatu konten beta pada para investor sebagai bagian dari insentif pendanaan.
  • Akan menghasilkan keuntungan ekonomi bagi pemilik usaha

Resiko dan Hambatan Crowdfunding

Selain keunggulan diatas, Crowdfunding juga mempunyai berbagai risiko, hambatan, kekurangan, serta ketidakpastian informasi yang tinggi, baik itu untuk pemilik usaha atau para investor. Berikut ini adalah beberapa risiko tersebut.

  • Reputasi Pemilik Bisnis Bisa Terancam

Risiko kegagalan dalam suatu proyek yang didanai oleh banyak orang ataupun individu tertentu akan berpotensi merusak reputasi serta citra pemilik bisnis.

  • Pencurian Ide Rentan Terjadi

Tidak jarang para pemilik bisnis dihadapkan pada suatu dilema. Pada satu sisi mereka harus merilis produknya ke publik ketika awal pendanaan dilakukan. Tapi disisi lain, mereka tentu akan khawatir tentang ide yang belum dipatenkan dan masih segar ini bisa dicuri oleh orang lain yang tentunya tidak bertanggung jawab.

  • Investor Kelelahan

Investor akan merasa bosan dan berhenti mendanai proyek Anda jika terus-terusan dihubungi seperti penagih hutang.

  • Resiko Penyalahgunaan Dana Tinggi

Jika dilakukan dengan tanpa aturan yang mengikat antar investor dan pemilik bisnis, maka dana yang sudah terkumpul akan berisiko tidak digunakan sebagaimana yang sebelumnya sudah digambarkan. Alih-alih digunakan untuk bisnis, justru disalahgunakan untuk keperluan pribadi saja.

Tips Melakukan Crowdfunding

Sistem Crowdfunding memang mempunyai banyak manfaat menarik dan menjadi sarana tepat dalam meningkatkan modal dengan cara kolektif dan hasilnyapun cenderung lebih cepat. Namun dibalik manfaat tersebut, ada berbagai risiko yang harus dipertimbangkan ketika akan menginisiasi suatu Crowdfunding.

Saat ini sudah banyak situs Crowdfunding yang di dalamnya Anda bisa menempatkan ide dan gagasan yang akan Anda ciptakan dengan tingkat kreatifitas tinggi. Ide dan gagasan Anda ini nantinya akan disebarluaskan pada masyarakat untuk kemudian di ulas. Jika masyarakat tertarik, maka mereka akan memberikan sumbangan dana untuk perusahaan Anda.

Jika Anda cukup tertarik untuk menerapkan sistem Crowdfunding demi meningkatkan modal bisnis Anda, maka Anda harus memerhatikan beberapa tips dibawah ini sebelum Anda melakukan Crowdfunding.

  • Siapkan Proposal yang Menarik

Meskipun ide atau gagasan yang Anda ajukan cukup unik dan cemerlang, namun jika dilakukan tanpa penyampaian yang sesuai dengan proposal, maka tidak akan ada investor yang tertarik untuk mendanai bisnis Anda. Dengan adanya proposal yang menarik, maka para investor akan berusaha melihat lebih dalam tentang visi dan misi atas ide yang Anda ajukan. Agar lebih menarik perhatian para investor, disarankan untuk membungkus proposal tersebut dengan desain yang unik dan beda.

  • Lakukan Monitoring Proposal

Setelah Crowdfunding telah menerima proposal Anda, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pengawasan atas perkembangan proposal tersebut. Mulai dari tanggapan hingga persetujuan para investor untuk mendanai ide Anda. Jika dirasa masih jauh dari ekspetasi Anda, maka Anda bisa memperbarui proposal tersebut dengan cara mengkajinya terlebih dahulu. Lakukan pembaruan sesegara mungkin lalu unggah kembali pada situs Crowdfunding.

  • Lakukan Promosi Terhadap Ide yang Anda Bangun

Jika Anda hanya menunggu tanpa melakukan tindakan apapun terhadap ide yang telah Anda kirimkan pada satu situs Crowdfunding, maka ide tersebut tidak akan bisa diterapkan atau dijalankan sesuai apa yang sudah Anda harapkan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan promosi lain diluar situs Crowdfunding dengan cara memberi tahu pada masyarakat luas bahwa Anda sedang serius dalam menjalankan ide Anda itu.

Kegiatan promosi ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, salah satu cara yang efektif adalah menyebarluaskannya di media sosial pribadi Anda, seperti facebook, twitter, instagram, youtube, atau linkedin.

Kesimpulan

Strategi meningkatkan modal bisnis dengan cara kolektif yang disebut dengan crowdfunding ini memang mampu membantu Anda secara efektif dalam hal branding atau perilisian suatu produk baru. Namun dibalik manfaat yang luar biasa ini, Anda masih harus mempertimbangkan risiko yang ada dibaliknya.

Jika dana yang Anda ajukan sudah terkumpul dan bisnis Anda sudah siap berjalan, maka selanjutnya Anda harus menjaga reputasi baik perusahaan Anda pada investor.

Lakukanlah pembukuan atas dana yang sudah terkumpul dengan tepat dan tersusun rapih. Perhatikan juga arus kas yang sudah terjadi pada bisnis Anda. Namun, jika Anda kurang memahami atau terlalu sibuk untuk mengatur hal ini, maka Anda bisa menggunakan aplikasi akutansi dari Accurate.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akutansi bisnis Anda secara lebih mudah dan cepat. Sehingga, Anda bisa fokus mengembangkan bisnis Anda. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate Online