Excel adalah program Microsoft Office yang dirancang untuk membantu menghitung, mentabulasi, menyimpan, memetakan, dan membandingkan data untuk referensi saat ini dan masa depan. Fitur-fiturnya yang lumayan lengakp dan dapat digunakan dengan kompleksitas sesedikit atau sebanyak yang Anda inginkan. Pemilik usaha kecil dapat melakukan semua proses pembukuan sederhana di Excel.

Tertarik untuk mengetahui cara untuk membuat dan mengelola laporan akuntansi atau pembukuan bisnis melalui excel? Berikut adalah data, cara, ebook dan template yang sudah kami siapkan untuk Anda.

Tren Penggunaan Excel untuk Akuntansi Usaha Kecil

Sebelum kita menyelami fitur dan manfaat Excel, penting untuk memahami bagaimana penggunaan Excel untuk akuntansi umkm dan bisnis kecil yang telah berubah selama beberapa tahun terakhir.

Excel terus menjadi salah satu cara atau alat membuat pengelolaan akuntansi lebih mudah dan paling populer yang digunakan oleh manajer keuangan usaha kecil.

Bisnis kecil cenderung memiliki dan menggunakan lebih sedikit data keuangan bila dibandingkan dengan perusahaan, dan Excel memungkinkan bisnis tersebut untuk fokus pada tugas akuntansi dasar, seperti perencanaan dan perkiraan anggaran.

Berikut ini rincian alat akuntansi yang digunakan oleh bisnis Amerika Serikat:

Cara Membuat Akuntansi

Sumber: roberthalf.com

Terlepas dari popularitas Excel, penggunaannya dalam akuntansi semakin menurun di antara bisnis dari semua ukuran, seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini.

Salah satu alasan yang mungkin untuk penurunan ini adalah penurunan harga perangkat lunak ERP dan software akuntansi berbasis cloud yang secara khusus menargetkan fungsi dasar seperti otomasi pembukuan dan penghitungan perpajakan.

Cara Membuat Akuntansi

Penggunaan Excel untuk akuntansi bisnis telah menurun sejak 2017, Sumber: roberthalf.com

Manfaat Menggunakan Excel untuk Akuntansi Bisnis Kecil

Membandingkan kumpulan data

Membantu membandingkan kumpulan data keuangan seperti total hutang dagang versus piutang untuk menghitung volume arus kas dalam periode tertentu.

Anda dapat melacak biaya berulang untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang ke mana uang Anda pergi, dan (jika berlaku) membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok berdasarkan ukuran, lokasi, atau pembelian untuk melihat kelompok mana yang menghasilkan pendapatan paling besar untuk bisnis Anda.

Baca Juga :  Berbagai Kesalahan Dasar Akuntansi dan Keuangan Bisnis

Hasilkan laporan yang dapat disesuaikan

Buat laporan berbasis template (termasuk tabel dan grafik) yang dapat digunakan kembali untuk tugas-tugas seperti manajemen faktur dan memperkirakan volume arus kas.

Laporan ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan untuk menambahkan lebih banyak poin data (seperti tarif pajak penjualan negara bagian berganda / berbeda) tanpa harus membuat templat baru dari awal.

Otomatisasi entri data

Excel makro membantu mengotomatiskan tugas entri data keuangan berulang (misalnya, Menyalin data dari sumber utama ke lembar Excel). Misalnya, Anda bisa membuat makro untuk mengekspor data terkait faktur dari file CSV dan mengisi template manajemen faktur yang relevan di lembar Excel Anda.

Akuntansi Berbasis Kas dalam Excel

Jika Anda menggunakan akuntansi berbasis kas (yang digunakan oleh kebanyakan bisnis kecil), mulailah lembar kerja baru, dan masukkan tajuk kolom untuk tanggal, deskripsi transaksi, dan nomor transaksi. Sertakan tajuk kolom untuk pendapatan, pengeluaran, dan saldo akun.

Ini sangat mirip dengan memasukkan transaksi Anda dalam daftar catatan harian. Jika Anda membeli sesuatu, Anda memasukkan biaya untuk jumlah itu.

Jika pelanggan membayar suatu produk, Anda memasukkan pendapatan. Untuk setiap jenis transaksi, Anda dapat menambah atau mengurangi jumlah dari saldo akun.

Anda dapat membuat lembar berbeda untuk setiap bulan, atau terus menggunakan satu lembar untuk melacak semua transaksi Anda.

Akuntansi Berbasis Akrual dalam Excel

Jika Anda menggunakan metode akuntansi basis akrual atau akuntansi entri ganda, Anda harus menyiapkan akun yang berbeda. Persamaan akuntansi adalah pedoman untuk semua transaksi.

Dalam konteks ini, itu berarti bahwa total akun aset Anda harus sama dengan total akun kewajiban dan ekuitas Anda. Dengan kata lain, jika aset Anda meningkat, kewajiban dan ekuitas Anda akan meningkat. Tentunya ini adalah cara yang tidak direkomendasikan untuk membuat laporan akuntansi melalui excel, karena rentan dengan kesalahan.

Namun jika Anda masih ingin menggunakan cara memabuat t akuntansi berbasis akrual berikut adalah caranya:

Pertama, Anda harus membuat bagan akun. Berbagai kategori akun adalah aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan akun pengeluaran. Usaha kecil dapat memiliki akun ekuitas jika mereka memiliki investor atau menggunakan jenis pembiayaan ekuitas.

Baca Juga :  Pengertian, Cara Kerja, Jenis beserta Berikut Pembahasan Lengkap dan Mendalam Dividen

Setiap kategori akun memiliki akun yang berbeda di dalamnya. Misalnya, akun aset dapat berisi akun seperti kas, piutang, inventaris, aset tetap, atau aset lainnya. Piutang usaha adalah pembayaran yang terhutang kepada Anda untuk pembelian dari Anda menggunakan kredit.

Akun liabilitas untuk usaha kecil biasanya memiliki hutang usaha, hutang upah, atau biaya hutang lainnya. Hutang akun adalah uang yang Anda miliki untuk pembelian secara kredit.

Buat bagan akun Anda di lembar kerja pertama dari buku kerja. Anda dapat mencantumkannya berdasarkan jenis akun (aset, kewajiban, dll.) Agar lebih mudah dipahami. Di kolom berikutnya, tetapkan nomor untuk setiap akun.

Fitur Utama di Excel yang Dapat Digunakan untuk Akuntansi Bisnis Kecil

Tabel pivot

Terletak di menu “Insert” Excel, tabel pivot adalah format tabel canggih yang meringkas kumpulan data kompleks berdasarkan rentang sel yang dipilih. Dari sana, pengguna dapat memfilter data yang dipilih di jendela terpisah atau separate window.

Analisa What-if

Terletak di menu “Data” pada Excel, analisis What-if membantu Anda memperkirakan hasil dengan mengubah kumpulan data dalam rumus. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan pengguna menguji hasil baru dengan memodifikasi data tanpa menghapus atau mengubah dataset primer.

Forecast sheets

Fitur ini terletak di menu yang sama dengan “what-if analysis“, dan membantu pengguna memperkirakan tren data berdasarkan nilai historis. Fitur ini memprediksi tren dalam format grafis alih-alih hanya mengubah nilai data dalam sel.

4 Rekomendasi dalam Menggunakan Excel untuk Akuntansi Usaha Kecil

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat jika Anda menggunakan (atau mempertimbangkan menggunakan) Excel untuk akuntansi di bisnis kecil Anda.

Pastikan program yang Anda inginkan sebenarnya adalah Excel.

Jika artikel ini kedengarannya terlalu banyak hal untuk dipelajari atau tidak sesuai dengan yang Anda cari, jangan lupa bahwa Anda masih mempunyai opsi lain seperti menggunakan software akuntansi yang lebih mudah digunakan dan dengan harga terjangkau seperti Accurate Online.

Biasakan diri Anda dengan template yang ditawarkan oleh Microsoft.

Jika Anda tidak cocok dengan template yang telah kami berikan diatas, Anda bis bisa mencari templat akuntansi yang ditawarkan Microsoft untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Baca Juga :  Kelola Stok Produk Bisnis dengan Accurate Online, Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Setelah Anda membiasakan diri dengan templat, Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan fitur atau proses unik pada bisnis Anda (misalnya, Memperkirakan anggaran bulanan vs triwulanan, menambahkan tabel pivot, termasuk logo Anda).

Mempelajari pembuatan template menggunakan sumber daya online.

Cari artikel atau video daring yang memandu Anda membuat dan / atau menggunakan templat dari awal hingga selesai. Ini akan membantu Anda memahami antarmuka Excel, memperkenalkan Anda ke fungsi tambahan yang mungkin ingin Anda gunakan, dan memberi Anda latihan langsung sebelum menggunakan data Anda sendiri.

Fokus pada pembelajaran dari kumpulan data prefilled.

Practice makes perfect. Ini berlaku untuk menggunakan Excel untuk tugas akuntansi apa pun, seperti manajemen arus kas. Setelah menyelesaikan templat, Anda dapat berlatih menggunakannya dengan kumpulan data prefilled untuk memastikan Anda memahami cara menggunakannya sebelum memasukkan data Anda sendiri.

Kesimpulan

Mengetahui cara membuat laporan akuntansi pada lembar excel memang hal yang penting yang perlu Anda lakukan, terutama jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang bertumbuh. Namun saat kebutuhan dan nilai perusahaan Anda berkembang, memakai proses pembukuan manual seperti excel bukanlah hal yang direkomendasikan.

Proses pembukuan manual sangat rentan dengan human error, tindakan fraud, sampai sangat tidak efisien untuk digunakan ditengah kemajuan zaman saat ini. Sebagai solusi, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akutnansi online yang sudah terbukti dan teruji seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Accurate Online juga telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik buatan Indonesia.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: