Memulai bisnis parfum menggabungkan ekspresi pribadi artistik dan pengetahuan bisnis, dan jika digeluti dengan baik, bisnis ini dapat menghasilkan margin keuntungan yang sangat besar.
Pengetahuan mendalam tentang kimia dan sains tidak diperlukan. Yang dibutuhkan hanyalah keinginan untuk bereksperimen dengan berbagai minyak esensial wangi, kemampuan untuk meneliti pemasok grosir bahan-bahan aman dan terbaik yang diperlukan dan kesediaan untuk menjalin kontak penjualan kembali atau meluangkan waktu dan tenaga untuk proses penjualan.
Ingin membangun bisnis parfum? Baca terus artikel ini sampai habis untuk mengetahui tipsnya agar Anda terhindar dari kerugian.
Mengapa Bisnis Parfum Menguntungkan?
Wewangian atau parfum dikaitkan dengan aroma dan dianggap penting untuk meningkatkan citra pengguna di antara penikmatnya.
Berapapun mahalnya gaun atau jas itu, akan lebih baik jika memiliki aroma yang tepat untuk memunculkan kesan yang baik dengan cara menggunakan parfum yang sesuai dengan kepribadian atau acara yang Anda hadiri. Parfum menjadi hal yang sangat dibutuhkan sepanjang waktu dan diproduksi oleh sejumlah merek atau organisasi terkenal
Mereka dimanfaatkan oleh banyak orang tanpa memandang kelompok usia, status sosial, dan kondisi keuangan di berbagai festival, acara keluarga, pertemuan teman, dan pertemuan resmi.
Jika Anda memiliki merek parfum yang memiliki pengguna setia, Anda akan meraup keuntungan lebih dari 100% dari modal yang Anda keluarkan. Bisnis parfum juga identik dengan produk yang awet dan memiliki masa kedaluarsa yang lama jika Anda menggunakan bahan yang baik dan alami sehingga Anda menyimpan stok selama mungkin sampai produk itu habis terjual.
Bagaimana Cara Membuat Bisnis Parfum yang Sukses?
Buat Rencana Bisnis
Buat draf rencana bisnis untuk bisnis parfum. Setidaknya, sertakan pernyataan misi; pernyataan tujuan awal; pernyataan tujuan tiga, enam, dan 12 bulan dalam hal jumlah penawaran produk yang diinginkan; jumlah pengecer yang diinginkan yang menjual kembali produk dan arus kas yang diinginkan; dan prakiraan keuangan, termasuk biaya awal dan anggaran, pendapatan, laba rugi, dan laporan arus kas.
Selalu perbarui dan sesuaikan rencana bisnis dengan data dan informasi dunia nyata saat tersedia. Perencanaan adalah hal dasar yang menentukan keberhasilan bisnis, maka Anda harus bersungguh sungguh dalam membuat rencana yang baik. Ingatlah, ini adalah peta menuju kesuksesan bisnis Anda.
Ciptakan Aroma Baru
Cari tahu resep parfum, atau buat campuran khusus dengan membeli beberapa ukuran kecil minyak esensial dalam wewangian yang menarik.
Luangkan waktu untuk membiasakan diri dengan aromanya. Mulailah memadukan aroma bersama-sama, membuat catatan, dan melalui eksperimen ini, dapatkan beberapa aroma favorit untuk diproduksi secara massal.
Anda juga akan mendapat manfaat dari mengumpulkan teman dan anggota keluarga bersama sehingga mereka dapat menguji aromanya dan memberi Anda umpan balik yang membangun atau kritik yang akan menjadikan produk Anda sempurna.
Beli Botolnya
Cari tahu tentang botol parfum, botol penguji, dan hubungi grosir botol sampel serta ketahui desain yang mereka tawarkan untuk setiap jenis wadah.
Pilih bentuk dan ukuran botol untuk mewakili masing-masing wewangian, dan pastikan Anda memilih grosir yang tepat untuk memasok botol ini. Tanyakan berapa botol / unit yang dibutuhkan untuk pembelian minimum dan berapa biaya pembelian minimum tersebut.
Anda juga ingin menanyakan tentang penguji dan ukuran sampel. Dapatkan harga yang sesuai untuk semua kontainer yang dibutuhkan dan lakukan pemesanan.
Ciptakan Merek Anda
Rancang logo untuk mewakili bisnis, dan gabungkan logo ke dalam berbagai materi promosi. Buat kartu nama mock-up, brosur promosi, label untuk botol dan daftar bahan untuk diberikan kepada calon reseller. Cetak ini atau pesan produksinya dari toko percetakan.
Selesaikan Kemasan Anda
Merumuskan kemasan lain apa pun yang diinginkan agar parfum menjadi produk jadi, seperti kotak dan tas atau pembungkus luar lainnya. Temukan pedagang grosir untuk barang-barang ini, tanyakan tentang harga dan kemudian tempatkan pesanan.
Tips kami, gunakanlah kemasan yang ramah lingkungan yang akan membuat merek Anda berbeda di mata konsumen dan juga memastikan bahwa Anda peduli terhadap isu kerusakan alam selama ini.
Isi botol, penguji, dan vial dengan berbagai wewangian yang ditujukan untuk pasar. Pasang label pada botol, lalu atur botol dalam kemasan luar tambahan.
Pilih Tampilan Penjualan Anda
Lakukan riset dalam membuat opsi untuk etalase presentasi penjualan, agar terlihat profesional dan terorganisir saat melakukan penjualan pada calon konseumen dan pengecer. Rancang juga tampilan komersial kecil untuk pengecer yang setuju untuk menjual kembali produk tersebut.
Siapkan Situs Web
Buat situs web, terlepas dari apakah penjualan melalui situs dimaksudkan atau tidak. Situs informasi dan promosi sama pentingnya dengan yang dimaksudkan untuk menghasilkan penjualan, karena ini adalah alat untuk membangun merek parfum, mempromosikan perusahaan, dan membantu menghasilkan tingkat kenyamanan dengan parfum yang ditawarkan dengan calon reseller serta konsumen.
Situs web juga bisa menjadi sumber informasi terupdate untuk bisnis Anda, menghadirkan lini produk baru, atau menjelaskan produk Anda secara mendalam secara online.
Tetapkan Harga Anda
Pertimbangkan semua uang yang dihabiskan untuk langkah-langkah di atas, termasuk varians harga masing-masing minyak esensial yang digunakan untuk membuat wewangian individu, lalu tentukan daftar harga untuk aroma di lini parfum.
Cetak atau pesan daftar harga yang dicetak secara profesional untuk disertakan dengan materi promosi dan daftar bahan yang diberikan kepada calon reseller.
Putuskan Retailer yang Akan Ditargetkan
Buatlah daftar pengecer yang sesuai dengan gambar parfum yang diinginkan. Dengan kata lain, jika citra parfum dimaksudkan sebagai sesuatu yang eksotis dan langka, targetkan butik yang lebih mewah dan lebih eksklusif yang menjual pakaian desainer, sepatu, dan kacamata hitam.
Singkirkan pengecer seperti department store dan toko serba ada. Hubungi pengecer target sebelumnya dan buat janji temu dengan pembeli untuk tempat ini, atau hubungi mereka secara fisik tanpa janji temu dan minta untuk berbicara dengan pembeli pada saat itu.
Kontrak Dengan Produser Massal
Tentukan perusahaan untuk memproduksi secara massal wewangian yang merupakan pilihan akhir untuk lini parfum. Saat mewawancarai calon produsen massal ini, tanyakan apakah mereka juga menangani pengemasan.
Diskusikan harga untuk mengontrak sebagian atau seluruh biaya produksi dan pengemasan, termasuk pesanan minimum dan harga per pesanan minimum. Dapatkan kontrak yang sesuai dengan kebutuhan bisnis pada tahap perkembangannya ini, dan gabungkan opsi untuk memperluas kontrak saat penjualan dan permintaan meningkat.
Biarkan Pasar Mengenal Merek Parfum Anda
Perluas keterpaparan lini parfum dengan menemukan pameran dagang parfum, aromaterapi, dan spa untuk mempresentasikan produk tersebut, karena ini adalah cara untuk mendapatkan akses ke pasar yang lebih besar
Rancang stan pajangan, pesan banyak bahan promosi dari brosur, daftar untuk beberapa pertunjukan, dan jaga stan selama pertunjukan. Simpan banyak penguji dan botol sampel dari setiap aroma. Dorong orang-orang untuk mencoba setiap parfum dengan gratis, dan berikan banyak sampel botol, kartu, dan brosur.
Gunakan Orang Terdekat Anda Sebagai Influencer
Sekali lagi Anda ingin meminta teman dan anggota keluarga Anda untuk membantu meningkatkan keterjangkauan dari bisnis parfum Anda.
Buat beberapa postingan tentang merek dan wewangian parfum baru Anda, serta buat postingan tersebut dapat dibagikan. Sebaiknya tambahkan gambar produk Anda ke dalam postingan, karena gambar sering kali menarik perhatian seseorang.
Gunakan Media Sosial
Waktu telah mengubah seluruh gaya hidup individu. Ada suatu masa ketika sebagian besar orang terkungkung pada media elektronik dan media cetak untuk mendapatkan berita terkini dan juga untuk mengetahui tentang perkenalan terkini di pasar.
Tapi sekarang, sebagian besar populasi telah bergeser dari media tradisional ke situs media sosial terbaru. Sejumlah besar jaringan seperti itu tersedia, dan hal terbaik tentang mereka adalah kebanyakan dari mereka gratis. Pedagang yang berurusan dengan wewangian harus menggunakan situs ini dan memberi tahu audiens tentang produk mereka dengan menggunakan blog, artikel, gambar, video, dll.
Catat Setiap Transaksi yang Terjadi dan Keuntungan yang Anda Dapatkan
Pastikan juga Anda melakukan pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan benar. Ingatlah, cash is king, Anda harus memastikan ketersediaan kas yang sehat untuk bisnis berjalan sesuai dengan rencana Anda.
Gunakan pembukuan yang baik agar untuk melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisnis juga untuk menghindari prmborosan yang terjadi.
Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan secara manual, Anda bisa menyewa seorang akuntan atau menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terbaik seperti Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu penguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis melalui tautan ini.
Kesimpulan
Sama seperti jenis bisnis lain, membangun bisnis parfum memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan konsistensi, kreatifitas dan kerja keras untuk memastikan bisnis Anda berjalan dengan lancar
Terus kembangkan aroma baru, perbaiki lini produk dan materi promosi Anda, serta perbarui situs web dan rencana bisnis parfum Anda, juga gunakan proses pembukuan terbaik untuk memastikan kesehatan keuangan bisnis Anda terpantu secara efisien.
Untuk kemudahan proses akuntansi dimanapun dan kapanpun Anda mau, gunakanlah Accurate Online untuk solusi menyeluruh proses pembukuan yang yang optimal.
Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: